Menjadi seorang ibu yaitu dambaan bagi tiap-tiap wanita. Mempunyai buah hati tentu akan semakin mempererat hubungan rumah tangga. Agar sang si kecil dapat tumbuh dengan sehat, karenanya membutuhkan nutrisi yang melimpah. Salah satu sumber gizi yang paling tepat untuk bayi yang baru lahir adalah Air Susu Ibu atau ASI. Di dalam ASI terdapat demikian itu banyak gizi, mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein, dan mineral ada di dalam air susu ibu. Tak jarang ASI tak mau keluar atau keluar dalam jumlah yang sedikit. Sebagian ibu kurang memahami sistem memperbanyak ASI, hasilnya keperluan gizi sang buah hati kurang terpenuhi.

Ada beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa Anda lakukan. Sistem yang pertama ialah dengan membersihkan bagian puting susu. Air susu tidak berkeinginan keluar salah satunya bisa disebabkan oleh puting susu yang tersumbat oleh kotoran. Metode membersihkannya bahkan cukup gampang, Anda cuma membutuhkan baby oil dan membersihkannya dengan memakai kapas. Anda dapat mengerjakannya sebelum mandi. Sambil membersihkan puting susu, Anda bisa memilin-milinnya pada komponen lipatan di ujung puting. Metode yang kedua merupakan dengan menyusui selama 2 sampai 3 jam. Dengan rajin memberikan air susu kepada yang bayi, karenanya payudara akan memberikan sinyal kepada otak untuk memproduksi air susu dalam jumlah yang lebih banyak. Jikalau Anda kurang teratur dalam memberikan air susu kepada si kecil, maka produksi air susu juga akan kian berkurang.


Cara yang ketiga adalah dengan memompa ASI. Memompa ASI dapat menjadi salah satu sistem yang tepat untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang lebih banyak. Sebagian ibu muda masih belum pintar dalam menyusui sang bayi. Kekeliruan yang dilakukan bisa menyebabkan air susu tidak keluar dengan optimal, akhirnya masih terdapat sisi air susu yang belum dihabiskan. Dengan memompa ASI, karenanya air susu yang lama akan keluar dan digantikan dengan produksi air susu yang baru. Cara yang keempat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa memperbanyak ASI. Ada sebagian makanan yang diandalkan dapat mengasah produksi air susu ibu. Beberapa diantaranya adalah wortel, daun katuk, pepaya, bayam, dan masih banyak yang lainnya. cara alami memperbanyak asi cara memperbanyak ASI yang dapat dilaksanakan.